Review Buku : Filosofi Kopi

Judul : Filosofi Kopi
Penulis : Dee / Dewi Lestari
Penyunting : Dhewiberta
Penerbit : Bentang Pustaka
ISBN : 978-602-8811-61-3
142 hlm
Cetakan Pertama, Januari 2012



Filosofi kopi berkisah tentang lelaki bernama Ben yang tergila-gila dengan kopi dan sahabatnya Jody. Ben yang telah belajar meracik kopi dari pengalamannya di luar negeri mengajak Jody untuk mendirikan sebuah kedai kopi idealis. Ajakan bersambut, maka lahirlah kedai Filosofi Kopi yang diilhami namanya dari ide Jody bahwa setiap kopi mencerminkan arti, asal-usulnya sendiri.

Konflik merambat naik ketika Ben mendapatkan pelanggan yang mengaku pernah meminum kopi yang lebih enak dari ramuan kopi buatannya. Ben mengajak Jody ke suatu daerah di Jawa Tengah untuk mencari biji kopi berdasarkan petunjuk pelanggan tadi. Sampai di tempat yang dituju, Ben dan Jody bertemu dengan Pak Seno serta dijamu kopi buatan lelaki tua itu. Di situlah Ben menemukan kopi yang dicarinya. Kopi yang ketika dinikmati membuat si peminum kopi tertegun mencairkan suasana. Menjadi apa adanya.

Buku ini adalah buku ketiga karya Dee yang saya baca setelah Rectoverso dan Madre. Kesan awal melihat sampul bukunya, saya pikir ini adalah buku non-fiksi Dee yang baru saya temukan. Namun saya salah terka. Dengan tulisan fiksi, buku ini benar-benar membuat saya kagum akan riset Dee tentang kopi—bagaimana dia bisa memahami secara detil tiap kopi yang ditulisnya. Ya, memang semua penulis harus memiliki dasar yang kuat untuk menuliskan ceritanya. Namun Dee selalu bisa membuat terpukau dengan suguhan baru yakni memfilosofikan kopi.


Filosofi kopi merupakan salah satu dari delapan belas cerita pendek dan prosa Dee selama satu dekade. Kisah-kisah dalam kumpulan cerpen ini dua di antaranya pernah dipublikasikan dan telah disunting di beberapa bagian.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar